Cara Masuk Safe Mode HP OPPO

Posted on

Smartphone Android mengalami kemajuan yang begitu pesat. Hal ini terbukti dengan rilisnya beragam varian smartphone baru dalam beberapa bulan sekali. Setiap kali rilis smartphone baru, vendor berusaha untuk melakukan peningkatan performa pada smartphone, baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak. Perangkat keras biasanya menjadi tolak ukur utama untuk mengetahui kinerja perangkat, seperti chipset, kapasitas memori, kamera, dan juga baterai. Sedangkan perangkat lunak akan mengikuti pembaruan sistem operasi Android yang dirilis oleh Google setiap setahunnya.

Saat smartphone sampai di tangan pengguna, ada masa di mana smartphone mengalami masalah, entah disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Beberapa masalah yang sering terjadi pada smartphone Android di antaranya yaitu: aplikasi tidak bisa dibuka, muncul pesan error saat membuka aplikasi, kamera tidak berfungsi, memori penuh, hang, macet, dan masih banyak lagi. Faktor penyebabnya sangat beragam, bisa karena virus, malware, penumpukan file sementara, bugs pada sistem, dan lainnya. Untuk mengetahui masalah pada aplikasi atau fitur perangkat Android yang tidak berfungsi, terkadang identifikasi secara konvensional sulit untuk dilakukan.

Dan untuk mengetahui faktor penyebab masalah secara lebih detail, beberapa pengguna melakukan percobaan dengan masuk ke safe mode (mode aman) untuk mengecek sistem atau fitur yang bermasalah. Apakah masalah yang terjadi disebabkan oleh kerusakan komponen atau karena perubahan setelan. Beberapa pengguna mungkin belum mengetahui apa itu safe mode, dan bagaimana cara masuk ke safe mode perangkat OPPO. Untuk memahami apa itu safe mode, Anda bisa simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu safe mode?

Safe mode (bahasa Indonesia: mode aman) adalah mode diagnostik yang disematkan pada sistem operasi. Safe mode dapat membantu pengguna dalam mendiagnosis masalah pada sistem operasi Android dengan menjalankan fungsi dasar dari sistem operasi. Tidak hanya pada perangkat Android, safe mode juga tersedia pada perangkat desktop seperti Windows, Mac, dan Linux. Ketika masuk ke safe mode, perangkat hanya mem-boot sistem operasi dan melakukan pengecualian pada aplikasi pihak ketiga.

Dengan pengecualian pada aplikasi pihak ketiga, Anda bisa melakukan pengujian pada fitur atau aplikasi bawaan yang mungkin tidak berfungsi. Misalnya Anda mengalami masalah pada aplikasi kamera yang tidak berfungsi dan menampilkan pesan error ketika dibuka, maka Anda bisa memastikan apakah masalah tersebut disebabkan oleh kerusakan komponen atau karena hal lain. Dengan masuk ke safe mode, Anda bisa melakukan pengujian kamera dalam pengaturan default, tanpa virus, malware, atau aplikasi pihak ketiga yang mengganggu.

Apabila kamera berfungsi dengan normal, maka artinya tidak ada kerusakan komponen dan Anda bisa restart perangkat untuk keluar dari safe mode. Selanjutnya Anda bisa kembali ke mode default untuk mengidentifikasi aplikasi atau malware yang menyebabkan kamera tidak berfungsi. Sebaliknya, apabila kamera juga tidak berfungsi, maka kemungkinan terdapat kerusakan pada komponen perangkat keras. Anda mungkin membutuhkan teknisi untuk membongkar dan mengidentifikasi masalah tersebut secara lebih mendetail.

Untuk masuk ke safe mode perangkat OPPO, caranya cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, tekan tombol Power selama beberapa saat untuk menampilkan beberapa opsi menu.
  2. Pilih Power off untuk mematikan perangkat OPPO Anda.
  3. Tekan dan tahan tombol “Power” sampai muncul logo OPPO.
  4. Setelah logo OPPO muncul, segera lepaskan tombol Power kemudian tekan dan tahan “Volume Down” selama proses booting selesai.
  5. Jika proses booting selesai, Anda bisa lepaskan Volume Down tersebut.
  6. Apabila di bagian pojok kiri bawah ada tulisan safe mode, berarti Anda telah berhasil masuk ke safe mode.

Cara keluar safe mode HP OPPO

Untuk keluar dari safe mode perangkat OPPO, Anda hanya perlu memuat ulang perangkat, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Silakan tekan tombol Power selama beberapa saat sampai muncul beberapa opsi menu.
  2. Pilih Restart untuk memuat ulang perangkat OPPO Anda.
  3. Tunggu selama proses booting selesai dilakukan.
  4. Sekarang, Anda telah keluar dari safe mode, ini juga ditandai dengan tidak adanya tulisan safe mode di bagian pojok kiri bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.