Cara Mengaktifkan IDM

Posted on

Internet Download Manager atau biasanya disebut dengan IDM, merupakan perangkat lunak buatan perusahaan Tonec, Inc yang mampu memaksimalkan kecepatan download data di atas rata-rata. Aplikasi ini telah menjadi salah satu aplikasi favorit yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna PC/laptop, terutama bagi seseorang sering melakukan aktivitas download data yang besar melalui internet. Selain memberikan kecepatan unduhan tanpa batas, IDM juga mendukung beberapa aplikasi browser populer, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, hingga Opera.

Dan yang membuat seseorang tertarik menggunakan IDM salah satunya karena mampu menyimpan link download yang belum terselesaikan. Dengan kata lain, Anda bisa melanjutkan proses kembali tanpa mengulanginya dari awal, tetapi dari titik terakhir file yang diunduh. Meski memiliki banyak keunggulan yang ditawarkan, bukan berarti IDM bisa digunakan dengan lancar selalu. Terkadang akan ada persoalan yang muncul secara tiba-tiba, misalnya seperti IDM tidak muncul, keterangan error integration, ekstensi korup, dan sebagainya. Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara mengaktifkan IDM dengan baik dan benar, supaya tidak muncul error ketika Anda gunakan untuk mengunduh sesuatu.

Cara mengaktifkan Internet Download Manager

Umumnya ketika Anda telah selesai menginstall IDM pada PC/laptop, secara otomatis IDM akan aktif dan terintegrasi dengan aplikasi browser. Namun dalam beberapa kondisi tertentu, di mana IDM mengalami error sehingga tidak bisa digunakan. Di bawah ini tersedia beberapa opsi yang bisa Anda pilih untuk mengaktifkan IDM sesuai dengan browser yang Anda gunakan. Namun sebelum itu, pastikan Anda telah download aplikasi IDM di sini dan install aplikasi seperti pada umumnya. Jika sudah, Anda bisa simak pembahasannya berikut ini.

1. Google Chrome

Bagi Anda pengguna Google Chrome, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan IDM. Yaitu dengan melakukan drag & drop file IDM ke Google Chrome dan menginstall ekstensi melalui Google Web Store. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, buka Google Chrome. Lalu klik ikon tiga titik di bawah menu “Close” » kemudian arahkan kursor mouse ke menu More tools » pilih Extensions.
  2. Jika sudah muncul halaman Extensi Google Chrome, Anda bisa klik Minimize sementara. Selanjutnya buka Windows Explorer » klik Local Disk C: » lalu akses folder:
  3. Berikutnya klik folder Internet Download Manager, lalu cari file yang bernama IDMGCExt.crx.
  4. Buka kembali Google Chrome sebelumnya dan posisikan sejajar dengan Windows Explorer agar mudah. Klik tahan file IDMGCExt.crx » lalu drag & drop (geser & letakkan) ke halaman Esktensi Google Chrome.
  5. Apabila muncul notifikasi, Anda bisa klik Continue » IDM telah berhasil ditambahkan ke Extensions Chrome. Selanjutnya aktifkan IDM dengan klik toggle di bagian pojok kanan bawah, seperti pada gambar berikut.

Jika ekstensi tidak terinstall secara otomatis atau mungkin Anda kebingungan dengan cara mengaktifkan IDM di atas, adapun cara alternatif lainnya yang bisa Anda coba, yaitu dengan mengakses situs Google Web Store. Karena untuk beberapa alasan tertentu, tidak semua perangkat bisa berhasil dengan melakukan drag & drop file ekstensi.

Bagi Anda yang menggunakan Google Web Store, Anda tidak bisa mencari ekstensi IDM secara umum, karena Google Chrome telah menyembunyikannya dari daftar ekstensi. Jadi Anda memerlukan link khusus untuk mengaksesnya, seperti berikut ini;

Google Web Store

  1. Pertama, akses terlebih dahulu Google Web Store berikut : IDM Integration Module.
  2. Jika sudah menampilkan halaman IDM, klik Add to Chrome.
  3. Ketika pop-up akan muncul secara otomatis, klik Add extension.
  4. Tunggu prosesnya beberapa saat.
  5. Jika berhasil, Anda akan dialihkan ke halaman berikutnya dan disertai keterangan “IDM extension for Google Chrome has been installed

2. Mozilla Firefox

Tidak hanya melalui Google Chrome saja, Anda juga bisa menerapkan langkah sebelumnya pada Mozilla Firefox. Berikut langkah-langkah mengaktifkan IDM di Mozilla Firefox:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Mozilla Firefox. Klik ikon garis tiga di bagian pojok kanan atas aplikasi » pilih menu Add-ons and Themes. Atau Anda juga bisa menekan kombinasi Ctrl + Shift + A secara bersamaan pada keyboard.
  2. Jika sudah halaman “Extensions” akan tampil, klik ikon Pengaturan » pilih Install Add-on From File.
  3. Setelah “Windows Explorer” muncul, klik Local Disk C:. Lalu klik Program Files untuk Windows 32-bit atau Program Files (x86) untuk Windows 64-bit. Lalu akses folder Internet Download Manager » pilih file idmmzcc3.xpi » klik Open.
  4. Berikutnya pop-up extension akan muncul secara otomatis, Anda bisa klik Add untuk menambahkan IDM. Setelah itu IDM bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Firefox Browser ADD-ONS

  1. Pertama, akses halaman Firefox berikut ini : IDM Integration Module.
  2. Selanjutnya klik menu Add to Firefox » tunggu prosesnya beberapa saat.
  3. Jika sudah, pop-up baru akan muncul » klik Add untuk menambahkan IDM.
  4. Setelah itu IDM akan aktif dan bisa digunakan.

3. Microsoft Edge

Demikian juga Microsoft Edge, di sini Anda akan melakukan hal yang sama seperti metode sebelumnya. Seperti melakukan drag & drop file IDM ke dalam Microsoft Edge dan juga melalui situs Microsoft Edge Extensions Home seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama, silakan Anda buka aplikasi Microsoft Edge. Klik ikon tiga titik di bagian pojok kanan atas aplikasi » pilih Extensions » klik Manage Extension jika muncul pop-up baru.
  2. Jika halaman “Extensions” telah tampil, klik toggle di bagian “Developer mode” untuk mengaktifkan mode Pengembang agar file IDM bisa diletakkan secara manual.
  3. Buka Windows Explorer, lalu akses folder Local Disk C: » pilih Program Files atau Program Files (x86). Lalu buka folder Internet Download Manager » klik tahan dengan nama IDMEdgeExt.crx » geser & letakkan pada halaman “Extensions” Microsoft Edge.
  4. Setelah itu akan muncul pop-up baru, klik Add extensions untuk menambahkannya. Jika sudah, IDM akan aktif secara otomatis dan bisa Anda manfaatkan untuk download file.

Leave a Reply

Your email address will not be published.