Cara Menghemat Baterai HP yang Masih Sering Diabaikan

Posted on

Setiap harinya tentu Anda akan menggunakan ponsel untuk melakukan berbagai kegiatan dan keperluan maka menghemat baterai hp juga sangat penting anda ketahui caranya. Apalagi untuk Anda yang memang lebih sering berada di luar ruangan dengan mobilitas tinggi.

Terlalu sering menggunakan powerbank ternyata juga bukan hal yang baik untuk anda lakukan pada smartphone untuk jangka panjang. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan dengan baik penggunaannya agar nantinya tidak sampai boros daya dan bisa anda gunakan lebih lama.

Menghemat Baterai HP dengan Benar

Smartphone saat ini memang sudah banyak memiliki teknologi di dalamnya. Salah satunya adalah mode power saving yang akan membantu Anda menghemat baterai pada hp dengan segala macam pengaturan khusus yang anda lakukan pada ponsel tersebut secara otomatis tentunya.

Namun meskipun sudah menggunakan mode khusus tersebut, Anda tetap perlu mempertimbangkan dalam melakukan beberapa tindakan tambahan untuk menjaga kualitas baterai tetap optimal seperti berikut.

1. Kurangi tingkat cahaya pada layar

Layar merupakan bagian yang paling banyak konsumsi daya. Jadi ketika Anda mengurangi intensitas cahayanya maka akan menyimpan energi baterai cukup banyak.

Jika memang tidak kamu butuhkan maka sesuaikan kecerahan pada layar sesuai kenyamanan saja. Akan lebih baik lagi jika Anda membuka ponsel di tempat yang memang aman.

Tanpa harus meningkatkan kecerahan cahaya layarnya. Jika Anda menggunakan ponsel di tempat yang terik tentunya cahaya di sekitar membuat layar hp sulit terlihat jelas.

2. Baterai tidak bertahan di suhu panas

Saat menghemat baterai hp sebaiknya kamu perhatikan dengan baik kondisi sekitar. Hindari menggunakannya di suhu tinggi atau di bawah terik matahari. Tentu saja hal ini dikarenakan daya ponsel tidak akan bertahan secara optimal di suhu yang panas.

Sebaiknya Anda berteduh terlebih dahulu dan menjaga agar ponsel tersebut tidak sampai terkena suhu yang panas. Apalagi jika memang ponsel tersebut memang sudah cepat panas maka bisa merusak bagian komponen lainnya juga.

3. Perhatikan aplikasi yang sedang atau sudah kamu gunakan

Biasakan untuk mengecek aplikasi terbuka dan berjalan pada ponsel. Jika memang sudah tidak kamu gunakan sebaiknya kamu hapus saja. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap ketahanan baterai karena tidak banyak aplikasi berjalan di latar belakang.

Seringkali ketika menggunakan aplikasi setelah itu langsung kembali ke menu awal, tetapi tidak menutup sepenuhnya aplikasi tersebut. Meskipun nantinya akan kamu gunakan lagi, tetapi efeknya terhadap penggunaan daya baterai cukup besar dan merugikan.

4. Matikan fitur yang tidak kamu gunakan

Ada beberapa fitur khusus memang perlu kamu matikan seperti GPS, wifi, atau bluetooth saat tidak anda gunakan. Fitur tersebut akan terus berjalan di latar belakang dan menggunakan daya baterai secara diam-diam. Sehingga hp Anda cepat habis tentunya.

Jadi Anda harus bijak dalam menggunakan beberapa fitur tersebut. Jangan lupa langsung mematikannya ketika sedang tidak kamu gunakan. Dengan begitu baterai ponsel kamu bisa lebih hemat lagi tentunya.

5. Menggunakan jaringan koneksi wifi akan lebih menguntungkan

Sebenarnya saat sedang terkoneksi dengan wifi, daya baterai Anda bisa lebih hemat penggunaannya. Jika dibandingkan dengan paket data yang penggunaan dayanya lebih besar.

Sehingga pastikan ketika Anda sedang menggunakan koneksi wifi, matikan paket datanya. Dengan begitu baterai ponsel jadi tidak boros dan Anda bisa lebih leluasa menggunakannya sesuai kebutuhan masing-masing.

Khusus untuk Anda yang memang banyak mobilitas dan harus menggunakan ponsel untuk berbagai kegiatan maka hak tersebut harus kamu perhatikan dengan baik. Sehingga nantinya juga akan menguntungkan karena bisa menghemat baterai hp lebih optimal saat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.