Cara Penggunaan Smartphone Android dengan Baik Agar Memori Lega

Posted on

Bagi para pengguna smartphone, tentu penggunaan smartphone android selama beberapa tahun akan menimbulkan beberapa kendala. Adapun salah satu kendala yang paling sering dijumpai yaitu memori full pada perangkat.

Seperti diketahui, sejumlah aplikasi yang kita unduh pada dasarnya akan menghabiskan sisa memori. Semakin banyak aplikasi-aplikasi terunduh, maka akan semakin sedikit juga sisa dari memori perangkat smartphone.

Apabila aplikasi yang diunduh sifatnya memang dibutuhkan tentu tidak akan ada masalah, namun bagaimana jika app tersebut hanya kalian gunakan satu atau dua kali saja?. Sejumlah aplikasi yang sifatnya tidak terlalu dibutuhkan seharusnya langsung kalian hapus.

Seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan perangkat smartphone, maka secara otomatis memori atau ruang penyimpanan pada perangkat akan habis dimakan beberapa aplikasi yang tidak terpakai.

Penggunaan Smartphone Android dengan Baik

Secara umum, fenomena mengenai memori internal yang cepat penuh memang dikarenakan semua aplikasi pada perangkat Android memang harus dipasang di memori internal. Agar bisa terhindar dari kasus tersebut, maka kalian perlu mengetahui beberapa tips dan trik berikut ini.

Paling pertama, cobalah secara rutin untuk membersihkan file junk dan cache. Seperti diketahui, file junk dan cache memang menjadi fie-file sampah pada perangkat smartphone. Selain sifatnya yang tidak berguna, file-file ini hanya akan membuat memori internal kalian penuh.

Walau memang sebelumnya pernah kalian bersihkan, namun perlu diketahui bahwa file junk dan cache akan selalu muncul. Oleh karena hal tersebut, cobalah untuk selalu mengatur jadwal agar kalian rutin dalam membersihkan file sampah ini.

Agar memori internal Anda lega, maka hindari untuk menginstall aplikasi dengan ukuran yang cukup besar. Walau memang sekarang ini banyak app menarik di mana bisa kalian unduh, namun jangan sampai lupa bahwa setiap perangkat memiliki kapasitas maksimal.

Hindari untuk mengunduh app berukuran besar yang memiliki grafis cukup tinggi apabila perangkat Android yang kalian gunakan memiliki kapasitas memori minim. Perlu diingat, app berukuran besar juga nantinya pasti akan menghasilkan sistem file yang besar juga.

Tidak hanya menghindari app berukuran besar, setidaknya kalian juga harus memperhatikan fungsi dari setiap aplikasi yang kalian pasang. Apabila terlalu banyak app yang tidak berguna, maka jangan segan untuk melakukan uninstall agar perangkat dapat terus berfungsi secara normal.

Penggunaan Smartphone Android dengan Mengelola Aplikasi WhatsApp

Salah satu hal di mana perlu diperhatikan pada penggunaan smartphone yaitu pengelolaan WhatsApp. Seperti kita ketahui, app WhatsApp memang saat ini menjadi salah satu aplikasi media sosial paling populer.

Ada banyak keuntungan saat kalian menggunakan aplikasi ini. Namun meski demikian, tahukah Anda bahwa WhatsApp menjadi salah satu app yang dapat menghabiskan memori internal cukup banyak?.

Untuk bisa mengelola app WhatsApp dengan baik, maka setidaknya kalian perlu mematikan fitur Auto-Download dari media. Pasalnya apabila fitur ini tidak dimatikan, maka segala macam foto dan video yang dikirimkan teman Anda akan langsung masuk ke memori internal.

Agar nantinya tidak menjadi beban, maka matikan fitur ini dengan cara klik Setting kemudian pilih Storage dan Data. Kemudian atur semua pilihan menjadi “No Media”. Dengan melakukan tips ini, maka bisa dijamin kalian akan bisa merasakan perbedaannya.

Selain mematikan fitur Auto-Download, kalian juga perlu melakukan backup chat dan media ke akun Google Drive. Daripada selama ini chat log dan media pada perangkat memenuhi memori internal, maka lebih baik bakc up untuk penggunaan smartphone android yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.