Software 3D Modeling Ringan untuk Para Pemula

Posted on

Perkembangan teknologi yang pesat membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat, beragam teknologi baru mulai bermunculan seperti software 3D modeling untuk printing 3d. hadirnya printer 3 dimensi ini tentunya memberikan dampak yang signifikan.

Pada era industri 4.0 saat ini telah banyak memberikan dampak signifikan pada kehidupan masyarakat. Beragam teknologi yang baru di era 4.0 ini tercipta mulai dari AI (Artificial Intelligence), Internet of Things, hingga 3D printing.

3D printing memegang peranan penting untuk dapat digunakan dalam berbagai bidang dan pekerjaan masyarakat. Untuk dapat menguasai printer ini tentunya nada harus membuat model 3D terlebih dahulu menggunakan software tertentu.

Software 3d Modeling Ringan

Printer tiga dimensi cara kerjanya hampir sama dengan printer pada umumnya akan tetapi cara kerjanya berbeda. Untuk printer tiga dimensi bekerja untuk menciptakan bentuk 3D. Untuk membuatnya Anda harus menggunakan beragam software berikut ini.

1. Libra Cad

Untuk Anda yang masih pemula maka menggunakan Libra Cad menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya software ini memiliki sistem operasi mudah dipahami oleh pemula sehingga tidak terlalu membuat pusing dalam menyesuaikan beragam tools disediakannya.

Untuk ukuran dari file Libra Cad juga terbilang ringan hanya memiliki ukuran sekitar 30 MB saja berkat tampilan view 2D yang digunakan. Selain itu Anda juga dapat menampilkan hasil modeling di tampilan dalam mode isometric view.

2. 3D Slash

3D Slash memiliki user interface yang lebih praktis dan mudah dipahami karena dasarnya diperuntukkan untuk para pemula. 3D Slash menggunakan sistem yang hampir mirip dengan games Minecraft. Tampilannya menerapkan konsep kotak-kotak seperti Minecraft.

Anda dapat menciptakan model 3D yang diinginkan dengan menggunakan kubus yang telah disediakan. Banyak tools atau fitur disediakan software ini seperti trowel, chisel, pupwood, drill, dan masih banyak lagi tools lainnya.

3. SelfCAD

Jika Anda ingin membuat desain kemudian langsung dicetak pada printer maka software 3D modeling ini merupakan pilihan paling tepat. Software ini memiliki tampilan yang sederhana mulai dari pembuatan hingga proses penyetakkan.

Dengan tampilan yang sederhana maka Anda akan lebih mudah untuk menguasai aplikasinya. Selain itu banyak fitur istimewa disediakan SelfCAD salah satunya adalah terdapat fitur slicing dan g-code piping langsung ke device pc Anda.

4. SculptGL

SculptGL adalah aplikasi modeling tiga dimensi yang berbasis browser sehingga dapat digunakan secara gratis tanpa dipungut biaya sepersen pun. Beragam fitur dasar yang disediakan oleh ScultGL seperti Sculpting untuk memahat dan banyak lagi.

Anda akan diberikan panduan untuk menghasilkan model dasar tiga dimensi secara bertahap dari bentuk awal hingga detail yang paling rumit. Terdapat banyak template juga yang disediakan seperti badan manusia, furniture, dan masih banyak lagi.

5. Blender

Jika Anda ingin serius membuat modeling 3D maka software Blender merupakan pilihan tepat. Pasalnya fitur disediakan oleh blender terbilang sangat lengkap sehingga akan lebih mudah untuk menciptakan modeling tiga dimensi yang diinginkan.

Blender ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat film animasi tiga dimensi, efek visual, video games, dan tentunya dapat digunakan untuk printer 3D. Blender juga memiliki ukuran file terbilang ringan sehingga cocok untuk spesifikasi pc low.

Belajar membuat modeling tiga dimensi dari sekarang merupakan hal penting agar Anda dapat masuk ke dalam industry 4.0. Maka dari itu untuk media belajar atau langsung membuat modeling, maka gunakan beragam software 3D modeling di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.